Selasa, 22 Juni 2010

University of Hong Kong, Terbaik di Asia

Dua perguruan tinggi di Hong Kong menempati peringkat atas terbaik di Asia versi Asian University Ran-kings-QS.com terhadap 200 perguruan tinggi di Asia. Penilaian pemeringkatan itu berdasarkan empat kriteria utama, yaitu research quality, teaching quality, graduate employ ability, dan internationalitation.

University of Hong Kong tetap di pering- kat pertama sebagaimana tahun 2009. Bahkan, The Hong Kong Science of Technology yang tahun lalu berada di peringkat keempat, tahun ini naik ke peringkat kedua. Perguruan tinggi yang peningkatannya cukup menonjol adalah National University of Singapura (NUS). Pada tahun lalu, perguruan tinggi Negeri Singa ini masih menempati peringkat kesepuluh, sementara tahun ini berada di peringkat ketiga. Peningkatan itu menyodok sejumlah perguruan tinggi di Jepang dan Korea.

University of Tokyo, misalnya. Pada tahun ini, peringkat perguruan tinggi di ibu kota Negara Matahari Terbit itu melorot dua peringkat dari sebelumnya di peringkat ketiga turun ke peringkat kelima. Penurunan dua peringkat juga dialami oleh The Chinese University of Hong Kong. Pada tahun lalu, perguruan tinggi ini berada di peringkat dua, tahun ini turun di peringkat empat.

Perguruan tinggi lainnya di Jepang yang mengalami penurunan peringkat adalah Osaka University dan Kyoto University. Osaka University dari peringkat enam ke peringkat tujuh, sedangkan Kyoto University turun dari peringkat lima ke peringkat delapan.

Tidak semua perguruan tinggi Jepang mengalami penurunan peringkat. Tohoku University dan Nagoya University, misalnya. Kedua perguruan tinggi ini meningkat masing-masing dari peringkat tiga belas ke sembilan dan dari dua belas ke peringkat sepuluh.

Perguruan tinggi Jepang mendominasi sepuluh perguruan tinggi top Asia. Jepang menempatkan lima dari sepuluh perguruan tinggi top Asia, Hong Kong tiga perguruan tinggi, dan Singapura serta Korea Selatan masing-masing satu perguruan tinggi. Seoul National University yang sebelumnya di peringkat delapan, tahun ini berada di peringkat enam.

Dalam situs www.topuniversities.com, ada enam perguruan tinggi Indonesia yang termasuk dalam daftar Asians University Rangkis top 200 tersebut. Universitas Indonesia (UT) tetap bertahan pada posisi sebagaimana tahun sebelumnya di peringkat 50. Lima perguruan tinggi lainnya adalah Universitas Gajah Mada (85), Universitas Airlangga (109), Institut Teknologi Bandung (113), Institut Pertanian Bogor (119), dan Universitas Diponegoro (161)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar